Kejutan Survei Caleg DPR RI Kalteng terbaru, Gerindra Tumbang, Bambang tempel Mukhtarudin, Andina narang dan Dikki akhmar kuda hitam melejit.

Kaltengpedia kembali merilis 10 besar nama Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berpeluang lolos ke Senayan pada tahun 2024 Periode 7 januari – 14 Januari 2024, berdasarkan hasil survei elektabilitas yang dihimpun dari Insight Digital.


Berikut 10 besar hasil survei tersebut :
Drs.Mukhtarudin (Golkar) hasil insight digital 81,651%
Bambang Purwanto, S.ST., M.H (Demokrat) insight digital 81,485%
Sigit K Yunianto (PDIP) hasil insight digital 79,113%
Andina Theresia Narang B.Comm. (NasDem) insight digital 74,173%
H. Agustiar Sabran A., S.I.Kom (PDIP) insight digital 72,281%
Dikki Akhmar, S.Si., M.M (PKS) insight digital 72.012%
Dr.Ujang Iskandar, S.T., M.si (NasDem) insight digital 70,303%
Nadalsyah (Demokrat) insight digital 69,980%
Habib Ismail Bin Yahya (PKB) insight digital 60,140% dr. Andrew Lienata (PSI) insight digital 57,021%

Berdasarkan hasil Survei dengan sistem Insight Digital oleh pihak Kaltengpedia, elektabilitas Caleg DPR-RI Dapil Kalteng mengalami banyak perubahan pada periode 7 januari sampai dengan 14 januari 2024.
“Terdapat persaingan yang ketat di DPR RI dapil kalteng ini,” Kata Direktur Eksekutif sekaligus CEO Kaltengpedia, Ahmad Hady Surya saat dikonfirmasi, Sabtu 20 Januari 2024.


Seperti diketahui, DPR RI dapil Kalteng mendapat jatah 6 kursi DPR RI, pihak Kaltengpedia sendiri pada tahun 2023 telah 3 kali merilis survei elektabilitas para Caleg DPR RI yang ada di Kalteng.
“Sebelumnya Hasil survei ini dilakukan periode oktober s.d Desember dan dari awal januari hingga saatu ini, untuk yang terbaru terdapat perubahan yang signifikan, ada nama nama yang melejit muncul dan ada nama nama yang naik dan turun di elektabilitas survei insight digital periode minggu ini,” ungkapnya.


Hady menjelaskan, laporan survei ini meliputi Elektabilitas Insight Digital para Caleg DPR-RI Kalteng.
“Insight Digital yang dilakukan adalah sebuah nilai hasil dari pemberitaan caleg pola dan tren media sosial yang diperoleh dari data caleg masing masing yang terkumpul. Manajemen kampanye digital yang dianalisis selama 1 minggu kemarin dari tanggal 7 januari sampai dengan 14 januari merupakan proses untuk mempromosikan para caleg dengan berisikan pesan caleg dan pengenalan caleg melalui digital, karena di era digital yang terus berkembang, perilaku masyarakat pemilih telah mengalami perubahan yang cukup signifikan,” jelasnya


Hady menambahkan, caleg pendatang baru yang masuk dalam 10 besar cukup memengaruhi nama-nama besar. Pihaknya akan terus melakukan survei ini, di Januari sampai mendekati hari H Februari nanti, agar mendapatkan fakta analisis dan mencari keterangan faktual yang berasal dari kelompok, daerah dan lainnya yang berada di digital Kalteng. Karena menurutnya, perubahan data insight digital pasti akan berubah ubah, karna metode ini menggunakan sistem yang update setiap beberapa menit. Pihaknya terus melakukan analisis berdasarkan fakta digital dengan menggunakan beberapa analisis data yaitu Maltego sistem dan dibantu dengan analisis.io.


“Posisi Kaltengpedia di survei ini netral, tidak berpihak kesiapapun, kami hanya menyampaikan berdasarkan data analisis dan Kaltengpedia adalah blog yang bertransformasi menjadi media warga atau citizen media. Di sini, orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *