Bupati Tapanuli Utara Apresiasi Giat Muda-Mudi Moeara Festival untuk Kemajuan Pariwisata Taput

Taput I IntelPost News.Com

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Asisten Administrasi Umum Binhot Aritonang , Kadis Pariwisata Sasma Situmorang, beberapa pimpinan OPD terkait, Camat Muara dan para Kepala Desa Kecamatan Muara hadiri Moeara Festival yang diselenggarakan mulai tanggal 12 s/d 14 Agustus 2022, bertempat di Tugu Aritonang Desa Aritonang Kecamatan Muara. Sabtu (13/08/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi giat muda mudi ym
ang sangat menginspirasi dan mendukung pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara.

“Moeara Festival oleh Moeara Inspirasi ini acara yang dirindukan untuk hadir di Taput. Apalagi setelah masa Covid-19 mulai landai. Anak-anak muda dari Muara yang mau melakukan kegiatan Pariwisata, ada antusiasme untuk berkarya dengan pola mereka, kita sangat mendukung dan mengapresiasi.

Saya sudah perhatikan apa yang perlu dibenahi. Kawasan Tugu Aritonang merupakan salah satu spot wisata di Taput, perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara agar fasilitasnya seperti lampu dan taman-tamannya perlu dibenahi”
ujar Bupati mengawali.

“Kita minta kepada Isak Aritonang selaku direktur Moeara Inspirasi dan Rumah Karya Indonesia kedepannya koordinasi dengan pihak pemerintah mulai dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa semakin baik lagi agar gaungnya semakin lebih besar dan persiapan lebih matang. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi di bulan Desember 2022 ini mungkin di Pulau Sibandang atau di Hutaginjang, silahkan koordinasi dengan Kadis Pariwisata agar dikemas lebih bagus lagi.

Saya juga ingin agar tiap sekolah yang tampil dengan manortor agar turut diperkenalkan jenis tortornya apa saja. Supaya para penonton bisa menambah pengetahuanya tentang tari tortor.

Dikecamatan lain di Taput juga punya potensi Pariwisata, semoga Moeara Festival ini bisa menginspirasi dan Rumah Karya Indonesia bisa berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Taput untuk mengemas acara di kecamatan lain lebih baik lagi untuk membuka pintu gerbang pariwisata di tiap desa dengan potensinya dan cirikhasnya masing-masing.”ujar Bupati menambahi.

Kemajuan Wisata yang kita harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Taput mohon kita doakan bersama trigger yang kita harapkan agar ribuan orang bisa datang ke Taput dimana salah satu trigger yang kita rindukan adalah berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara.

Memen ini mari kita gunakan untuk belajar, berkompetensi untuk menginspirasi. Kita sangat mengapresiasi Meoara Inspirasi dan Rumah Karya Indonesia. Terima Kasih atas kerja kerasnya. Tetap semangat, Kita akan selalu mendukung,” ujar Bupati mengakhiri.

Dikesempatan sebelumnya Direktur Moeara Inspirasi Isak Aritonang dan Direktur Teras Rumah Karya Indonesia Sagitarius Marbun memberikan kata sambutanya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara yang sudah bersedia hadir dalam acara ini dan Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Utara yang ikut memberikan dukungan kepada kami sepenuhnya hingga acara ini bisa terlaksana. Kepada pak Camat, kepala desa, orang tua dan teman-teman atas dukungannya kami bisa berkarya. Moera Festival ini dilaksanakan oleh Meoara Inspirasi yang merupakan komunitas anak muda yang ada di Muara yang sifatnya merangkul semua golongan untuk berkarya. Sudah berdiri sejak 2016. Hampir tiap tahun mengadakan minimal 2 kegiatan dan ikut festival. Mendukung adik-adik menunjukkan potensi dirinya. Semoga kedepannya samakin maju kreativitas anak-anak dan muda mudi Muara yang membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Tapanuli Utara.” Ungkap Isak Aritonang.

“Perlu kita ketahui Moeara Inspirasi merupakan salah satu dari 20 Komunitas yang ada di Kawasan Danau Toba yang dibantu Rumah Karya Indonesia melalui Teras RKI dalam program Komunitas dukung komunitas dalam penggarapannya mendukung festival dan pagelaran budaya. Semoga tahun kedepannya Meoara Inspirasi semakin bersinar. Terima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang sudah mendukung penuh acara ini. Festival ini akan menjadi figura yang akan kita kenal dikemudian hari,” tutur Sagitarius Marbun.

Adapun acara Moera Festival yang bertema “Colourful Diversity” ini antara lain Kemping, Gowes, Paralayang Tandem dan Pertunjukan Seni.

Turut Hadir ketua Togaraja Aritonang Taput Luhut Aritonang dan masyarakat Kecamatan Muara.(Erikson)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.