Kafilah dari Kabupaten/Kota Se-Sumut Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ Ke-39 Tingkat Provsu 

Tapsel-intelpostnews.com : Kafilah dari berbagai Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara ikut meriahkan Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), di Alun-alun Adian Pardomuan Sipirok, Kamis (20/6-24).

Adapun peserta pawai ta’aruf mengambil start dari simpang Desa Simaninggir menuju Alun-alun Adian Pardomuan pusat pasar Sipirok.

Sementara kedatangan Bupati Tapsel Dolly Pasaribu bersama Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu disambut dengan meriah oleh masyarakat Tapsel ketika tiba dilokasi panggung penghormatan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, MTQ bukan hanya ajang untuk berkompetisi dalam membaca Al-Qur’an, tetapi juga momentum penting untuk mempererat silaturahmi dan memupuk semangat kebersamaan. Saya mengajak seluruh masyarakat Tapsel untuk ikut serta dalam mendukung penuh acara ini,” ujar Dolly.

Bupati juga menekankan bahwa keputusan untuk menjadi tuan rumah MTQ di Tapanuli Selatan adalah bentuk kepercayaan dan tanggung jawab besar, ujarnya.

Sebelum menerima peserta pawai ta’aruf, Dolly menyampaikan ke seluruh masyarakat Tapsel bahwa pada tahun lalu LPTQ mencari lokasi diluar kebiasaan pelaksanaan MTQ, seperti Kota Medan maupun Kota-kota besar lainnya.

“Untuk pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut di tahun 2024 ini. Pemkab Tapsel mengajukan dan memberanikan diri untuk menjadi tuan rumah, karena saya yakin Sipirok siap menjadi tuan rumah yang baik,” tegas Dolly yang disambut riuh tepukan tangan dari seluruh masyarakat.

Jauh sebelum itu, Dolly terlebih dahulu telah memikirkan secara matang akan persiapan Sipirok menjadi tuan rumah MTQ ke-39 tingkat Provsu. Apalagi Sipirok baru-baru ini telah berhasil menyabet juara pertama pada pemilihan Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumut, tambah Dolly.

Begitu juga pada bulan April 2024 yang lalu, Sipirok juga dijadikan sebagai tuan rumah MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel. 

“Maka dari itu, saya mengajak kita semua untuk menjadi tuan rumah yang baik sejak hari ini tanggal 20 sampai 28 Juni 2024,” ajaknya.

Tak lupa Dolly juga mengajak seluruh masyarakat Tapsel untuk hadir meramaikan pembukaan MTQ ke-39 tingkat Provsu pada Sabtu (22/6-24) malam yang dihadiri langsung oleh Pj Gubsu, Hassanudin.

Acara MTQ ke-39 ini akan diikuti oleh para Kafilah dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, dan akan berlomba dalam berbagai cabang, seperti Tilawah, Hifzhil Quran, Tafsir dan lainnya. 

Selain kompetisi, rangkaian acara MTQ juga akan diisi dengan bazar, pameran dan berbagai kegiatan seni budaya Islami yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

“Mari kita sukseskan MTQ ke-39 ini dengan semangat gotong royong dan kebersamaan. Saya yakin acara ini akan berjalan lancar dan sukses yang nantinya dapat memberikan manfaat besar bagi kita semua, serta semakin memperkuat kecintaan kita terhadap Al-Qur’an,” tutupnya.

Adapun pawai ta’aruf diikuti seluruh siswa SD, SMP, SMA se-Tapsel dan seluruh Kafilah MTQ dari Kabupaten/Kota se-Sumut. Kemudian pawai ta’aruf dibuka dengan penampilan Marching Band SMP Negeri 2 Bunga Bondar yang ditutup dengan penampilan memukau oleh Marching Band MAN Bunga Bondar. 

Pawai ta’aruf juga dimeriahkan dengan pakaian adat Tapsel yang di tampilkan oleh siswa-siswi MAN Tapsel.

Terlihat masyarakat begitu antusias saat menyaksikan pawai ta’aruf sehingga seluruh Ruko yang berada di Jalan Merdeka Pasar Sipirok penuh hingga ke lantai tiga. Begitu juga Forkopimda dan pimpinan OPD turut tersenyum bahagia menyambut kedatangan seluruh peserta pawai ta’aruf. (Syaiful)

Ket. Gbr : Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dan Ketua TP PKK Ny Rosalina Dolly Pasaribu saat menerima peserta pawai ta’aruf MTQ ke-39 tingkat Provsu di Alun-alun pasar Sipirok, Kamis (20/6-24). Foto : Sy/Ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *