Pasca Jalan Nasional Sidikalang-Dolok Sanggul Terputus Total, Pj Bupati Dairi Tinjau Lokasi

Dairi | Intelpostnews.com

Sidikalang – Jalan Nasional Sidikalang-Dolok Sanggul tepatnya di Desa Parbuluan IV, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara putus total akibat diguyur hujan deras, Kamis (10/10/2024).

Akibat peristiwa tersebut, arus lalu lintas terpaksa dialihkan.

Mengetahui informasi tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Dairi meninjau langsung lokasi, Jumat (11/10/2024) didampingi Camat Parbuluan Landong Napitu.

Melalui camat Parbuluan, Landong Napitu, Pj Bupati menyampaikan kepada masyarakat Parbuluan sekitarnya untuk tenang namun tetap waspada ditengah musim penghujan seperti saat ini sambil mencari solusi terbaik agar aktifitas warga tetap berjalan.

“Ya, kita tinjau lokasi longsor ini untuk memastikan warga kita aman. Kita ingin pastikan lokasi longsor atau jalan amblas ini segera ditangani,” katanya.

Untuk sementara Bupati menyarankan para pengguna jalan yang datang dari arah Medan menuju Kabupaten Humbahas agar menggunakan jalan alternatif dari simpang PLTA Kecamatan Sumbul ke Pangiringan Kecamatan Parbuluan demikian juga dari arah Humbahas menuju kota Sidikalang dan Medan, agar melintas dari Pangiringan ke simpang PLTA. Selain itu warga juga menggunakan alternatif lain dari Sumbul, Kutagugung menuju Parbuluan VI, atau Siarung-arung, Lae Hole melalui Tombak Simbolon Parbuluan VI.

Dijelaskan, berhubung ini merupakan jalan nasional, kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar lokasi jalan amblas ini segera bisa ditangani.

“Kami mohon masyarakat bersabar, sambil kita upayakan berbagai alternatif solusinya, sebab kontur jalan yang berpasir ini tentu membutuhkan penanganan yang lebih maksimal. Yang pastinya kita concern mencarikan solusi penanganan demi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hotmaida Butarbutar menyebutkan, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah Sumatera Utara.

“Kami sudah melakukan kordinasi, agar segera dilakukan perbaikan pada jalan yang putus, dan saya himbau para pengendara agar tetap waspada dan berhati-hati saat berkendara, karena saat ini cuaca cukup ekstrim, ” ujarnya.

“Para pengendara kami minta untuk waspada, khususnya saat melintas di lokasi jalan yang rawan longsor dan pohon tumbang,” tutup Surung Charles Bantjin.(AJ/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *