Pemkab Batu Bara, DPRD dan Forkopimda Menggelar Rapat Paripurna Istimewa HUT 77 RI

Batu Bara l intelpostnews.com

Ketua DPRD Batu Bara Safi’i SH pimpin rapat paripurna istimewa pada tanggal 16 agustus 2022 dalam agenda mendengarkan pidato kenegaraan presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan dirgahayu ulang tahun ke 77 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, acara tersebut dilaksanakan diruangan aula rapat paripurna DPRD Batu Bara, Lima Puluh (16/8/2022).

Pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang disampaikan adalah hal yang sangat penting bagi rakyat dan seluruh elemen masyarakat untuk kembali merenungi arti kemerdekaan yang di proklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945 tepatnya 77 tahun yang lalu, tema kemerdekaan kali ini mengusung “ Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Pesan ini tentang rakyat Indonesia di penjuru tanah air sangat merasakan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat. di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa indonesia maju.

Tepatnya pada 17 agustus kemerdekaan RI di kumandangkan ke penjuru dunia. dan proklamatornya adalah presiden Soekarno dan wakilnya Moh. Hatta atas nama bangsa indonesia.

77 Tahun lamanya kita terlepas dari bangsa penjajah, lika liku perjuangan kita rasakan dan kita lalui, dan sampailah kita pada masa pembangunan di segala bidang. dengan kemerdekaan yang kita capai, kita tidak hanya tinggal diam, berpangku tangan , tapi kita harus semangat dalam bekerja, meneruskan cita- cita luhur para pahlawan yang gugur di medan pertempuran, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam UUD 1945 di katakan penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan prikeadilan.

”Dalam konteks seperti ini sebagai bangsa yang merdeka dan mandiri seringkali rasa “keadilan” yang menjadi objek utama untuk penegakan hukum di Indonesia banyak mendapat tantangan- tantangan berasal dari berbagai sistem politik. kebijakan bahkan kepentingan.” Ucap Safi’i

Proklamasi adalah sumber hukum tata negara Indonesia yang mengandung makna sebagai salah satu obyek penyelidikan hukum tatanegara. proklamasi adalah semangat dan rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dan dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri.

Sedangkan makna proklamasi bagi bangsa indonesia merupakan: – sebagai puncak perjuangan bangsa indonesia  –  menjadi peryataan de facto dan de jure- menaikan martabat bangsa dapat memulai perjuangan sebagai negara baru dan tonggak sejarah negara Indonesia.

Sementara itu, pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi penggerak utama strategi pembangunan bangsa Indonesia ke depan sehingga dapat memajukan pertumbuhan ekonomi yang di butuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Setelah dua tahun berlalu bangsa kita mampu menghadapi semua persoalan pandemi covid 19. itu semua berkat tuhan yang maha baik yang telah menganugerahi bangsa kita kemampuan dan menyatukan semangat kita untuk bersama-sama menghadapi pandemi ini.

Dengan demikian kita juga jangan terlena dan harus tetap menjaga prokes di kehidupan kita. maka marilah kita terus menjaga kemampuan, kebersamaan, tekad yang kuat dalam mempertahankan keutuhan bangsa kita kedepannya untuk menjadi lebih baik dan menjadi bangsa yang kokoh yang berdiri sejajar dan bila perlu selangkah lebih maju dari bangsa di dunia ini.   

Turut hadir dalam agenda rapat paripurna sidang istimewa HUT 77 RI, Bupati Batu Bara diwakili Oky Iqbal Prima, Unsur Forkopimda, OPD dan Camat se- Kabupaten Batu Bara.(eks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.