Pimpin Upacara HUT RI ke-77, Bupati Nikson Nababan Mengajak Masyarakat Taput Untuk Bangkit Lebih Cepat dan Pulih Lebih Kuat Guna Mendukung Visi Misi Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara

Taput I IntelPost News.Com

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si bersama Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SH. didampingi Forkopimda, Sekda Tapanuli Utara Drs. Indra S. H. Simaremare dan Pimpinan Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora dan Wakil TP PKK Kab. Taput Marsaulina Lumban Tobing, hadiri sekaligus pimpin Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 di Lapangan Serbaguna Tarutung, Rabu (17/08/2022).

Diawal pidatonya Bupati Nikson Nababan menyatakan bahwa tahun ini biarlah perayaan HUT RI menjadi awal kebangkitan negara ini da Kabupaten Tapanuli Utara bisa terbebas dari Pandemi Covid-19 sehingga dapat merayakan hari kemerdekaan lebih meriah lagi.

“Upacara peringatan detik-detik proklamasi yang kita laksanakan saat ini, merupakan waktu yang tepat untuk mereview hal-hal yang telah kita perbuat dalam mengisi kemerdekaan yang kita warisi bersama khususnya selama pandemi covid-19, pandemi telah mengajarkan kita arti kesederhanaan, kepedulian dan kebersamaan, marilah kita perkuat kembali semangat gotong royong untuk sama-sama berjuang demi kemajuan Kabupaten Tapanuli Utara yang kita cintai ini, ” ujar Bupati mengawali pidatonya.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa Thema HUT RI ke 77 adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” Maka Bupati Taput mengajak masyarakat Taput untuk bangkit lebih cepat dan pulih lebih kuat guna mendukung visi misi pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara yaitu ” Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia yang berkualitas serta daerah tujuan wisata.

“Dengan segala keterbatasan selama masa pandemi covid-19 Pemkab Taput telah melaksanakan berbagai program pembangunan diberbagai bidang hingga selama masa pandemi tetap mampu mencatat pertumbuhan ekonomi yang positif bahkan di tahun 2021 Ekonomi Kab. Taput mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,5 persen yang hampir sama dengan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” ujar Bupati menambahi.

Bupati juga menjelaskan tentang pertambahan pendapatan perkapita masyarakat yang terus meningkat dan hal tersebut tidak terlepas dari pertumbuhan jumlah UMKM yang meningkat mulai pada tahun 2020 hingga tahun 2021 telah terbentuk hingga 39.832 UMKM. Dukungan dan pengembangan yang diberikan oleh pemerintah pusat khususnya pemda secara tidak langsung telah menggerakkan roda perekonomian masyarakat walaupun dalam masa pandemi covid-19.

Dalam pidato Bupati juga menyampaikan beberapa pencapaian Kabupaten Tapanuli Utara dalam berbagai sektor, diantaranya dalam upaya pengembangan pendidikan pemkab Taput telah melakukan pemenuhan dan perbaikan sarana dan prasarana sekolah terhadap 115 unit SD dan 22 unit SMP. Koleksi buku-buku di perpustakaan daerah selalu bertambah dan hingga saat ini telah mencapai 26.331 buku dari berbagai kategori.
Bupati Nikson Nababan juga menyampaikan apresiasi Dekranasda Taput sebagai juara 1 ajang W20 tahun 2022 dengan produk unggulan wine coffee.

Bupati Nikson Nababan juga menyampaikan bahwa Pemda Taput juga secara berkesinambungan memperjuangkan masyarakat yang masih terisolir agar mendapat listrik di mana sejak tahun 2021 hingga sekarang Pemda Taput telah membuka akses pembangunan listrik pada 11 dusun dan 8 desa pada 6 kecamatan.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara terus melakukan pembenahan khususnya dalam pembangunan wilayah pedesaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui pendataan yang presisi dan akurat yang menggambarkan kondisi dan kebutuhan masyarakat di setiap desa, saat ini Pemkab Taput telah melakukan pendataan desa presisi di 5 desa antara lain Desa Simbandang, Sampuran, Papande, Hutatoruan I dan Desa Sidagal.

Segala hal yang kami sampaikan pada kesempatan ini bukan hanya sekedar data dan angka, tapi merupakan bentuk tekad perubahan yang membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Tapanuli Utara lebih makmur dan sejahtera.” tutur Bupati mengakhiri pidatonya.

Setelah pelaksanaan upacara bendera, Bupati beserta rombongan melanjutkan Upacara Kemerdekaan via virtual bersama Presiden RI Joko Widodo lansung dari Istana Merdeka Jakarta di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati.

Turut hadir Para Perintis Kemerdekaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Para Lurah dan Kepala Desa Kecamatan Tarutung, Para Pimpinan Perguruan Tinggi/ Akadem, Kepala SD/SMP dan SMA/ SMK se Tapanuli Utara.(Erikson)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.