Pj Bupati Dairi Buka Seminar Pemenuhan Hak-Hak Inklusi Bagi Penyandang Disabilitas

Dairi | Intelpostnews.com

Sidikalang –Penjabat (Pj) Bupati Dairi Surung Charles Bantjin membuka seminar pemenuhan hak-hak inklusi bagi penyandang disabilitas di Dairi di Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi,Senin (9/9/2024).

Turut hadir mendampingi Pj Bupati dalam seminar tersebut Kepala Dinas Sosial Agel Siregar dan Kepala Dinas P3AP2KB Ruspal Simarmata.

Dalam sambutannya, Surung Charles Bantjin mengatakan penyandang disabilitas merupakan satu dari kelompok Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang menjadi target utama program rehabilitasi nasional.

Penyandang disabilitas menjadi target karena negara Indonesia sudah memiliki tujuan, salah satunya adalah mengurangi kemiskinan melalui peningkatan kesejahteraan sosial sehingga harus di dorong semangatnya mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

Charles Bantjin menyampaikan saat ini di Kabupaten Dairi terdapat penyandang disabilitas yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 1.444 orang. Data penyandang disabilitas yang masuk dari Kecamatan sebanyak 1.766 orang dan yang telah dibantu oleh Pemerintah untuk tahun 2024 sebanyak 354 orang.

“Bantuan yang diberikan berupa bantuan dari Presiden dalam bentuk sembako sebanyak 175 orang, alat bantu kursi roda dan tongkat ketiak 41 orang, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang ditangani di rumah singgah sebanyak 10 orang,” ucap Pj Bupati. (AJ/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *