Pongo Tapanuliensis Diserahkan Polres Taput ke BKSDA

Taput I Intel Post News.Com

Polres Taput menyerahkan satu individu anak orang utan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Rabu (28/09).

Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi, S.I.K., M.H menyerahkan anak orang utan tersebut yang diterima langsung oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah 4 Tarutung Manigir Lumban Toruan bersama empat orang staf BKSDA serta Mitra BKSDA Yayasan Orang Utan Sumatera (IOC)
dr. Iwan Amir beserta dua orang staffnya.

Anak orang utan jenis Pongo Tapanuliensis ini ditemukan oleh warga yakni Luas Sitompul (40) dan Noel Sitompul (30) saat keduanya hendak pulang ke rumah usai bekerja dikebun milik mereka di Perladangan Aek sorminan Desa Sitoluoppu Kec. Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara.

Ditengah Jalan, Luas Sitompul dan Noel Sitompul melihat seekor anak orang utan (Pongo Tapanuliensis) sedang makan buah durian, lalu keduanya mencoba untuk menunggu beberapa saat apabila induk dari anak orang utan (Pongo Tapanuliensis) datang menjemput anaknya.

Namun induk anak orang utan tersebut tidak kunjung datang. Selanjutnya Luas Sitompul dan Noel Sitompul membawa anak orang utan (Pongo Tapanuliensis) ke rumahnya dan menghubungi Kepala Desa Sitoluoppu bapak Jupri Sitompul yang kemudian melapor ke Polres Taput.

“Mendapat informasi tersebut, kami menyarankan kepada Kepala Desa Sitoluoppu untuk membawa anak orang utan tersebut ke Polres Taput untuk diserahkan kepada BKSDA”, ujar AKBP Johanson.

Keesokannya, Luas Sitompul dan Noel Sitompul beserta Kepala Desa Sitoluoppu datang ke Polres Tapanuli Utara membawa anak orang utan (Pongo Tapanuliensis) tersebut.

“Saat ini anak orang utan tersebut telah diperiksa kondisi kesehatannya oleh BKSDA dan Yayasan Orang Utan Sumatera (IOC). Saya mengapresiasi masyarakat yang peduli dan menyelamatkan anak orang utan ini sebab merupakan salah satu spesies superprioritas yang harus kita jaga dan selamatkan”, pungkas AKBP Johanson.(Erikson)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *