PT Petro Kimia Kayaku Adakan Penyuluhan Budidaya Jagung

Kabupaten Dairi | intelpostnews.com

Desa Sarintonu – Dalam rangka menyambut musim tanam jagung PT Petro Kimia Kayaku, adakan penyuluhan pertanian terhadap kelompok tani yang menerima manfaat dari Dinas Sosial di Desa Sarintonu Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi, Jumat (3/2/2023).

Doni Berampu sebagai sales marketing PT Petro Kimia Kayaku, turut hadir dalam rangka penyuluhan di Desa Sarintonu terhadap kelompok mawar yang menerima manfaat di dampingi Anni Berutu dari Dinas Sosial.

Dalam acara penyuluhan ini diikuti 21 anggota kelompok, peserta KPM sangat antusias mengikuti acara penyuluhan tersebut, hal ini terlihat dari setiap anggota berlomba melontarkan pertanyaan tentang budidaya tanaman jagung.

Menurut salah satu peserta kelompok Jojor Sinaga mengatakan, ” acara ini sangat menarik dan bermanfaat, penyuluhan yang disampaikan mudah di fahami dan di mengerti,  materi penyuluhan yang disampaikan berdasarkan hasil demplot tanaman jagung,  di tambah lagi  dokumentasi mulai dari awal tanam hingga pasca panen  cukup lengkap, ” ujarnya.

Di sela – sela pertemuan, anggota kelompok merencanakan demplot tanaman jagung untuk wadah belajar, demplot ini akan di laksanakan di lahan Jojor Sinaga, dengan luas kurang lebih 1 rante, sebelum penanaman akan di lakukan ploting untuk membuat lay out.

Penanaman akan dilakukan bersama oleh  anggota kelompok di lokasi demplot setelah curah hujan cukup, dengan menggunakan 2 varitas jagung Hibrida, bertujuan untuk mendapatkan perbandingan langsung dari 2 varitas yang biasa dipakai petani khususnya anggota kelompok Mawar.

Kepala Desa Sarintonu Irwanta Tarigan sangat mengapresiasi penyuluhan yang dilakukan oleh PT Petro Kimia Kayaku, dalam sistem demplot tanaman jagung pada kelompok Mawar tersebut.yang mana kelompok ini bukanlah kelompok tani, melainkan kelompok PKH yang dibina oleh pendamping sosial Anni Berutu.

Kepala Desa Sarintonu Irwanta Tarigan berharap, demplot ini bisa berjalan sesuai dengan yang di harapkan, sehingga bisa menjadi motivasi dan acuan dalam budidaya jagung terhadap petani khususnya di Desa Sarintonu.(Doni Berampu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *