Sumut  

Wali Kota Pematang Siantar Buka Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan

Pematang Siantar | intelpostnews.com

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA membuka acara Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Kota Pematang Siantar Tahun 2022. Pencanangan berlangsung di halaman Makoramil 03/SS, Jalan Melanthon Siregar Pematang Siantar, Rabu (26/10/2022) sekitar pukul 10.30 WIB.

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy dalam sambutannya menerangkan, sasaran program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan jumlah angka kelahiran, dan pembinaan ketahanan keluarga yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. 

Sebagai wujud kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI AD, khususnya Kodim 0207/Simalungun bersama pemerintah daerah melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial adalah penyelenggaraan program KB Kesehatan bagi masyarakat di wilayah jajaran Kodim 0207/Simalungun, dalam hal ini di wilayah Kota Pematang Siantar. 

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi Kodim 0207/Simalungun bersama Pemerintah Kota Pematang Siantar dalam memberdayakan wilayah pertahanan pada pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas serta mensukseskan program kependudukan dan Keluarga Berencana,” terangnya. 

Adapun standar pencapaian peserta KB baru yaitu, menurunnya angka jumlah kelahiran dengan meningkatnya penggunaan alat kontrasepsi atau alat KB; terkendalinya angka kelahiran dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk serta meningkatkan peserta KB atau akseptor baru terutama pada pasangan usia subur; terlaksananya pelayanan KB, layanan kesehatan reproduksi kesehatan, reproduksi remaja, keberlangsungan hidup ibu bayi dan anak yang diprioritaskan pada penyediaan layanan gratis bagi keluarga prasejarah dan kurang sejahtera; meningkatnya pembinaan beserta KB aktif melalui fasilitas pemberdayaan dan pemanfaatan pos pelayanan kesehatan di wilayah; serta meningkatnya pelayanan KB mobile, KB baru dan pembinaan, serta KB aktif.

“Saya pesankan kepada personel yang ada di wilayah agar turut berpartisipasi aktif dan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mensukseskan pelayanan KB pada masyarakat yang ada di wilayah kota Pematang Siantar,” katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menerangkan, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga serta dipertegas dengan Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang

Perkembangan Kependukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga, bahwa Keluarga Berencana merupakan usaha untuk mengukur jumlah anak dan jarak kelahiran anak yang diinginkan.

“Maka dari itu, pemerintah mencanangkan program atau cara untuk mencegah atau menunda kehamilan. Hal tersebut dilakukan sebagai modal dasar dan faktor dominan pembangunan, sehingga perlu dilakukan upaya untuk mewujudkan penduduk berkualitas,” kata Wali Kota Susanti.

Sedangkan tujuan penting dilaksanakannya program Keluarga Berencana, di antaranya membentuk keluarga kecil sejahtera; mencanangkan keluarga kecil dengan cukup 2 anak, mencegah terjadinya pernikahan usia dini; menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, atau akibat sistem reproduksi; serta menekan jumlah penduduk serta menyeimbangkan jumlah kebutuhan sesuai dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Dilanjutkan Wali Kota Susanti, program KB harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat indonesia. Untuk itu, program KB harus dilakukan secara sinergi dengan kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, swasta dan tokoh-tokoh masyarakat. Dalam hal ini termasuk TNI dan jajarannya sebagai mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program KB, sehingga dapat menekan angka kelahiran.

Masih kata walikota Susanti, sejarah antara BKKBN dengan TNI, berhasil menekan lajunya angka pertumbuhan penduduk, dengan melalui berbagai kegiatan berupa penyuluhan masyarakat, konseling dan juga pendampingan calon akseptor, serta di wujudkan melalui kegiatan bakti sosial TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan. Ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap masa depan anak-anak bangsa, dalam mendorong dan mengajak masyarakat khususnya kepada keluarga, untuk melaksanakan program KB sesuai kebijakan serta strategi yang dicanangkan oleh pemerintah.                                                                                          

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus di tingkatkan. Untuk itu, mari kita sukseskan kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2022 melalui Bhakti Sosial TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan. Serta mensukseskan program kependudukan, keluarga Berencana dan pembangunan keluarga dalam mewujudkan masyarakat tumbuh seimbang dan masyarakat sehat, ujar Susanti walikota pematang siantar.            

Turut hadir dalam Bhakti Sosial TNI antara lain, Kapolres pematang siantar yang di wakili oleh Wakapolres Kompol Ismawansyah, ketua pengadilan Negeri pematang siantar yang di wakili Suherman, ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 34 kodim 0207/simalungun Ny Hadrianus beserta jakarannya, plt kepala dinas P2KB kota Pematang siantar Hasudungan Hutajulu, plt Kepala dinas Kesehatan Kota Pematang siantar dr Yuliana Sara Erika Kurniawati Silitonga, dan Camat Siantar  Marimbun Jan Purba Dasuha SSTP.(ferry.snbl).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *