Sungai Cikidang Dan Citanduy Meluap, Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kembali Dilanda Banjir

Intelpostnews.com | Kabupaten Tasikmalaya, – Akibat Curah hujan yang tinggi di wilayah desa Tanjungsari kecamatan Sukaresik dan sekitarnya, mengakibatkan bencana banjir.

Akibat banjir tersebut sebanyak 3 kampung yang ada di wilayah desa Tanjungsari terendam.Adapun kampung yang terendam yaitu Kampung Bojongsoban, Kampung Hegarsari dan Kampung Margasari.

Diperkirakan 300 rumah warga terendam akibat banjir tersebut.Amas kepala desa Tanjungsari memgatakan, Banjir ini merupakan dampak dari luapan air sungai Cikidang dan sungai Citanduy, sehingga seluruh wilayah Desa Tanjungsari dan sekitarnya sangat terkena dampak.

Bahkan banjir ini audah sering terjadi ketika hujan dengan curah yang sangat tinggi, katanya. Rabu (24/04/24).

“Ada ±300 rumah warga terendam banjir dalam satu Desa, dan untuk debit air sampai di halaman saja. Paling ketinggian air yang meluap setinggi ±56 cm yaitu diwilayah kampung Bojongsoban,” jelasnya.

Untuk kronologis awal banjir diketahui, Amas menerangkan, mulai air dari hulu sungai Cikidang dan Sungai Citanduy meluap sekitar pukul 18.30 WIB, dan kami daei pihak pemerintah desa dan inatansi terkait juga warga terus berupaya untuk mengontrol korban yang terdampak banjir, terangnya.

Amas juga menuturkan, dampak dari bencana banjir ini, akses jalan pun terputus dikarenakan terendam, sehingga tidak bisa dilewati oleh roda dua. Bahkan sarana umum juga terkena dampak seperti, Sekolah, Mesjid dan juga jalan umum, tuturnya.

“Selain sarana umun dan rumah warga yang terdampak, akan tetapi alhamdullilah untuk korban jiwa dan yang mengungsi tidak ada,” pungkasnya. (HAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *