Desa Pasi Terpilih Sebagai HATINYA PKK Di Kabupaten Dairi

Kabupaten Dairi | intelpostnews.com

Desa Pasi – Kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata ke Desa Pasi Kecamatan Berampu disambut baik oleh masyarakat Desa Pasi, Kamis (26/01/2023).

Dalam kunjungan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi memilih/memutuskan Desa Pasi, Kecamatan Berampu menjadi Desa Hatinya PKK Tahun 2023.

Oleh sebab itu perlunya pembinaan terhadap Desa tersebut,tentunya dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, di Kantor Balai Desa Pasi Kecamatan Berampu Kabupaten Dairi.

Pertemuan tersebut dilaksakan di Kantor Kepala Desa Pasi, bersama Kadis PMD Bahagia Ginting, Kabid Ketahanan Pangan Meri Debora Saragih, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Dinas PUTR, Camat Kecamatan Berampu Ramadhayani Berampu, Kepala Desa Pasi Masran Bako, Sekretaris Desa Pasi Amran Fadli Ujung, Ketua TP PKK Desa Pasi Ny.Boang Manalu, dan para anggota PKK Desa Pasi.

HATINYA adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman adalah salah satu program unggulan PKK yang merupakan bagian dari program penguatan ketahanan pangan keluarga untuk memperkuat Desa Pasi menjadi Desa binaan tahun ini.

Dalam sambutannya, Ketua PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata menyampaikan, pemilihan Desa Pasi sebagai Desa hatinya PKK tentu memiliki berbagai alasan pendukung, seperti letak geografis dan merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Dairi.

“Saya mengharapkan masyarakat Desa Pasi mampu memaksimalkan halaman atau pekarangan rumah memenuhi kebutuhan keluarganya, dengan memanfaatkan pekarangan rumah,menjaga kelestarian lingkungan,terutama dalam upaya penurunan angka Stunting , ” ujar Romy Mariani Simarmata.

Melalui program gerakan Hatinya PKK diharapkan masyarakat Desa Pasi dapat secara sadar mengelola pekarangan sedemikian rupa sehingga dapat mewujudkan halaman yang tertata cantik, asri dan menyejukkan mata dengan tanaman bunga dan tanaman hijau serta dapat juga diisi dengan tanaman untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

“Hendaknya halaman bisa dimanfaatkan dengan menanam berbagai jenis tanaman, dan ditata dengan rapi, sehingga tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan sehari-hari, “ujar Romy Mariani mengedukasi.

Ketua TP PKK juga menyampaikan dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan PUTR berusaha untuk meningkatkan program PKK di Desa ini.

“Yang kita butuhkan adalah gerakan dari masyarakatnya. Semua program kita bisa tercapai, bila kita saling mendukung,” ujarnya.

Direncanakan Desa Pasi yang memiliki 400 Kepala Keluarga (KK) ini akan menjadi Desa tujuan pertama saat tim supervisi dari Provinsi Sumatera Utara awal Februari mendatang.

Dinas Pertanian sangat berperan dalam program ini, seperti penyediaan bibit tanaman. Sementara itu Dinas PUTR akan memberi dukungan dalam pembagunan drainase dan akses jalan, Sedangkan dari Dinas Lingkungan Hidup mengambil peran pemanfaatan Bak sampah, dan sudah tentu program ini diawali melalui pendataan.

Diakhir acara Kepala Desa Pasi Masran Bako menyampaikan terimakasih atas kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Dairi di Desa Pasi, yang telah menjadikan/ memutuskan Desa Pasi sebagai Desa binaan dalam program Hatinya PKK se-kabupaten Dairi, dan berharap program yang telah direncanakan akan terwujud, dan mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Desa Pasi khususnya kepada ibu ibu berperan aktif dalam pemanfaatan pekarangan halaman rumah seperti yang dipaparkan tadi. (BBS/AJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *