Plt Kabid SMP DISDIKBUD Kabupaten Tasikmalaya Berharap Seluruh Kepsek Bisa Lebih Sinergitas Dengan Semua Pihak, Ini Pesan Dan Misinya!!!

Intelpostnews.com | Tasikmalaya, Jawa Barat,- Upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional hingga hari ini masih terus dilakukan. Hal itu bisa dilihat dari Negara yang senantiasa mencoba membuat terobosan agar sistem pendidikan yang diatur dalam kurikulum bisa membantu peserta didik tumbuh menjadi sumber daya manusia yang andal dan berkarakter. Akan tetapi, usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan hanya didasarkan pada kurikulum yang dihadirkan, melainkan juga ada peran besar dari guru terutama Kepala Sekolah.

Peran Kepala Sekolah atau Guru adalah ujung tombak yang bertanggung jawab secara langsung dalam keberhasilan siswa belajar di ruang kelas. Dengan demikian, cukup masuk akal apabila guru kemudian dapat dikatakan sebagai subjek utama dalam berbagai praktik peningkatan mutu pendidikan, terutama yang terkait dengan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab guru dalam rangka mendukung peningkatan kualitas mutu pendidikan kemudian diatur dalam Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Dan secara komprehensif juga dimuat dalam PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28, yang menyebutkan bahwa “Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional“.

Dalam rangka melaksanakan dari sejumlah Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut diatas yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan lebih baik, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Tasikmalaya Jani Maulana, S.Sos., M.Si., meminta kepada seluruh Kepala Sekolah beserta gurunya baik Negeri ataupun Swasta agar lebih bersinergi lagi dalam melaksanakan tugas dan fungsi nya di sekolah, serta mengutamakan komunikasi dan sinergitas dengan semuaa pihak terkait seperti pengawas, MKKS terutama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu pihaknya berharap agar setiap MKKS bisa menyelesaikan suatu permasalahan di tingkat sekolah masing-masing sebelum ke Dinas, kecuali jika menyangkut disiplin kerja pegawai, pihak nya meminta segera melaporkan kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya agar segera ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Saya meminta kepada seluruh Kepala Sekolah SMP Negeri ataupun Swasta beserta seluruh dewan gurunya bisa lebih bersinergi lagi dengan semua pihak yang terkait seperti sirgitas dengan pihak Pengawas masing-masing wilayah, kemudian adanya kolaborasi yang baik dengan MKKS dalam segala hal terkait mutu juga terkait peningkatan yang lainnya, karena saya yakin jika sinergitas nya tercipta, akan menciptakan suatu harmonisasi yang baik, ketika ada permasalahan karena sinergitas nya itu sudah tercipta, maka hal itu dapat di redam sebelum masuk ke Dinas masih bisa diselesaikan di tingkat sekolah, karena fungsi MKKS itu tidak hanya sebagai organisasi tempat berkumpulnya Kepala Sekolah, tapi mereka juga harus mewadahi seluruh Kepala Sekolah termasuk ketika ada permasalahan harus bisa diselesaikan ditingkat sekolah dulu, namun kalau tidak bisa diselesaikan dan itu menyangkut disiplin kerja pegawai, baru masuk ke Dinas agar diselesaikan dan dibicarakan dengan pihak pengawas, kepegawaian dan Dinas kalau menyangkut terkait disiplin kerja pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku“, ucapnya.

Selain itu, Jeni pun memiliki misi sebagai Plt. Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya yakni ingin membuat lebih solid seluruh seksi di Bidang SMP, dan dirinya pun meminta kepada seluruh Kepala Sekolah beserta operator nya agar tidak sungkan-sungkan untuk berkunjung atau bersilaturahmi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya seperti dulu lagi, karena menurutnya silaturahmi atau masukan dari setiap Kepala Sekolah sangat diperlukan, terutama menyangkut tentang bantuan seperti fisik, alat atau bantuan lainnya, pihak nya tidak ingin hanya menerima keluhannya atau masukan melalui telephone saja, harus by data dan by request dari setiap sekolah masing-masing, karena menurutnya Kepala Sekolah SMP itu adalah  Kepala Sekolah yang dalam tanda kutip sudah sangat dewasa pemikiran nya.

Untuk misi saya sebagai Plt. Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya ini yaitu yang pertama, saya ingin lebih solid di Bidang SMP antara semua seksi, meskipun sudah bagus kita hindarkan semua ego setiap seksi, yang kedua saya ingin memberikan informasi kepada seluruh sekolah yang dalam bentuk rapat kita belum sampaikan, saya meminta kepada seluruh Kepala Sekolah SMP Negeri ataupun Swasta, silahkan Bapak/Ibu ataupun operator jangan sungkan-sungkan untuk datang lagi ke Dinas seperti dulu, karena silaturahmi Bapak/Ibu Kepala sekolah sangat kami perlukan, karena kami ingin masukan dari bawah termasuk Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang memerlukan bantuan, misalkan fisik, alat kemudian bantuan-bantuan yang lain silahkan datang, karena alangkah tidak bijaknya ketika bantuan itu melalui telephone, harus by data dan by DM request, karena titik akhir dari sebuah bantuan itu adalah menerima manfaat, ketika tidak bisa memanfaatkan maka munculah pemborosan dan itu yang ingin kita hindari, jadi tetap kalimat utamanya adalah sinergitas lagi, intinya saya ingin lebih bersinergi lagi dengan seluruh Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah SMP itu adalah Kepala Sekolah yang dalam tanda kutip sudah sangat dewasa pemikirannya“, tegasnya. (Fajar/Nuryadin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *