Desa Cikarag Wakili Kecamatan Malangbong Menggelar Lomba Harum Madu Tingkat Kabupaten Garut

Garut | intelpostnews.com

Halaman Rumah Manfaat Terpadu (Harum Madu) Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong menyambut kedatangan Tim Penilai Verifikasi Lapangan Lomba Harum Madu Tingkat Kabupaten Garut, (Jumat 21 Juli 2023).

Tujuan dari program Harum Madu sendiri melalui Dinas Pertanian (Disperta) sebagai upaya Pemerintah untuk menunjang ketahanan pangan di masyarakat dan bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman sayur-sayuran yang bisa membantu kebutuhan sehari-hari tanpa mengandalkan beli di pasar. Pemerintah Kabupaten Garut tentunya berbagai upaya di lakukan demi program Harum Madu tersebut bisa berkembang di kelompok tani dan masyarakat umum.

Kepala Desa Cikarag Jafar Sidik mengucapkan, “Alhamdulillah Harum Madu Desa Cikarag juara di tingkat Kecamatan dan sekarang melaju ke tingkat Kabupaten Garut. Kami hari ini menyambut kedatangan tim verifikasi Harum Madu dari Kabupaten Garut sebanyak 4 (empat) orang sebagai penilai lomba harum madu tingkat Kabupaten“, ucapnya.

Program harum madu ini merupakan program pemerintah kabupaten Garut  yan diluncurkan kepada pemerintah desa.Alhamdulillah kami sudah menjalankan program tersebut hingga sampai saat ini program harum madu masih berjalan baik,” tutur Jafar Sidik. Mengenai anggaran yang digunakan untuk program harum madu Desa Cikarag ini, itu bersumber dari bantuan pusat (Dana Desa) yang di ambil untuk anggaran ketahanan pangan 20 persen“, ujar Jafar Sidik.

Sementara tim verifikasi tingkat Kabupaten, Ade Suryana mengatakan, “hari ini kita sudah melaksanakan prosesi penilaian Harum Madu Desa Cikarag dari mulai administrasi, presentasi rumah bibit dan keadaan dempot sebagai pusat pembelajaran“, tuturnya.

Kemudian kami melaksanakan kunjungan ke rumah-rumah penduduk yang menerima bibit untuk melaksanakan menanam pekarangannya dengan jenis-jenis tanaman yang disiapkan oleh mesin produksi bibit. Mengenai hasil verifikasi harum madu Desa Cikarang ini nilainya mungkin di atas rata-rata. Saya bangga, apalagi di tayangan tadi sudah mengarah kepada edukasi agrowisata untuk anak-anak TK/ SD dan ini mudah-mudahan lebih bisa dikembangkan lagi. Dan ini juga menjadi bahan pemikiran kami“, ujar Ade Suryana.

Ade Suryana berharap para penyuluh UPT Wilayah Kecamatan Malangbong agar senantiasa bekerjasama dengan Kelompok Perempuan Peduli Pangan (KP3). Hal itu untuk meningkatkan kapasitas menghadapi permasalahan di lapangan terutama untuk menghadapi atau menerima menyambut para pengunjung. Dimana harus paham tentang budidaya, dari mulai penyemaian pencabutan, pemupukan, cara media masukan di tanaman termasuk penanaman serta pemanenannya mereka ini harus paham.

Mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal kemajuan melalui program pergerakan harum madu dan yang paling penting  gerakan harum madu dapat diterapkan ke tiap-tiap rumah tangga. Dan itu akan menopang penghasilan atau tambah penghasilan buat keluarganya. Dengan rangkaian penilaian harum madu Desa Cikarag jadi nilai terbaik di tingkat Kabupaten Garut“, pungkasnya. (Ayi Ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *