Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Menggelar Acara Pembinaan Lintas Sektor Kampung Keluarga Berkualitas Wilayah Kecamatan Cigalontang

Tasikmalaya | intelpostnews.com

Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara pembinaan lintas sektor Kampung keluarga berkualitas di wilayah hukum pemerintahan Kecamatan Cigalontang. Acara digelar di ruang gelanggang olahraga (GOR) Desa Sirnaraja Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, (Rabu, 9 November 2022).

Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB P3A) Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani, SKM. MSi., Camat Cigalontang Zalkaf Drasma, Koordinator KB Kecamatan Cigalontang Ibu Titi Suharyati S.IP., Seluruh Kepala Desa atau yang mewakili se-Kecamatan Cigalontang yang meliputi 16 Desa dan puluhan warga setempat.

Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Tujuan umum kampung berkualitas adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Saat diwawancarai oleh tim intelpostnews.com dan awak media lainnya, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB P3A) Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani, SKM. MSi., menjelaskan, sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa/kelurahan. Selain hal tersebut, dirinya pun berharap dengan terwujudnya Kampung Keluarga berkualitas di semua Desa yang berada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya dapat mampu mengendalikan dan mengatasi semua permasalahan yang timbul akibat dari Keluarga yang tidak berkualitas.

Sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di setiap Desa/Kelurahan khususnya yang ada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, dan melalui Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), Kami berharap dapat terwujudnya kampung Keluarga Berkualitas di semua Desa yang ada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, sehingga dengan demikian bisa mampu mengendalikan dan mengatasi pernasalahan yang timbul dari akibat keluarga yang tidak berkualitas, seperti tingginya angka kematian Ibu, angka kematian Bayi, Stunting dan permasalahan-permasalahan lainnya“, jelasnya.

Lebih lanjut Dadan pun mengatakan, “Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas harus dilakukan lintas sektor. Tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Untuk itu perlu memperkuat ketahanan keluarga, sehingga dapat menghadapi kondisi seperti sekarang ini. Keluarga harus dapat melaksanakan fungsinya, seperti meningkatkan kualitas anak, memberikan akses informasi, pendidikan, penyuluhan serta pelayanan“, tutupnya.

Diwaktu dan tempat yang sama, Camat Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Zalkaf Drasma saat di wawancarai oleh tim intelpostnews.com mengatakan, “Program Kampung Keluarga Berkualitas adalah salah satu kegiatan mewujudkan keluarga sehat, bahagia dan sejahtera, selain itupun Program tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga yang lebih baik, semakin baik ketahanan keluarga kita, maka semakin baik pula kemampuan keluarga menghadapi perubahan“, ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *