Bupati Dairi Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Halaman Mako Polres Dairi

Sidikalang, Dairi | Intelpostnews.com

Polres Dairi Dan Kodim 0206 Dairi Serta Pemkab Dairi gelar Apel Kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di halaman apel Mako polres Dairi. Jumat (12/08/2022)

Dalam pelaksanaan Apel Kesiapan penanggulangan bencana Karhutla tersebut di pimpin oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan sebagai Perwira Apel Kasat Samapta Polres Dairi AKP Tugono, SH serta sebagai Komandan Apel Kbo Sat Samapta Polres Dairi IPDA JP. Karosekali

Dalam amanat Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan oleh Bupati Dairi selaku pimpinan Apel Kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan merupakan satu tahapan penting untuk mengingatkan kita akan perlunya upaya untuk memelihara kelestarian hutan dan lahan yang ada di Indonesia.

Dengan adanya apel tersebut diharapkan menjadi suatu tigger untuk memastikan Kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, TNI-POLRI dan seluruh instansi terkait lainnya serta organisasi pecinta lingkungan, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana , dalam rangka mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Eddy Berutu juga menyebutkan, kebakaran hutan di Kabupaten Dairi saat ini masih dalam kondisi terkendali.

Dikatakannya, saat ini Kabupaten Dairi masih masuk dalam zona hijau tentang kebakaran hutan.

“Dan Ada 5 titik api yang paling banyak dalam beberapa waktu terakhir, Dairi masih dalam kategori warna hijau. Tetapi kita tetap siaga, dan selalu dengan cepat berusaha bersama – sama mengatasi apabila ada titik api, ” Terangnya.

Dalam mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan , terdapat tiga langkah penanggulangan yang dapat dilaksanakan, yang pertama yaitu pencegahan dengan memberikan sosialisasi yang berisi himbauan kepada masyarakat , hal ini merupakan upaya yang paling utama dalam membagun kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, ” tuturnya.

“Seperti yang disampaikan oleh pak Gubernur, ada dua penyebab kebakaran, yang pertama itu karena alam, dimana lahan yang kering menyebabkan gesekan antara dahan satu dengan dahan lainnya sehingga menyebabkan kebakaran. Yang kedua, adalah kecerobohan kita. Mungkin ketika kita berlibur, membuang puntung rokok dan lain – lain, ” tegasnya.

Kami meminta untuk selalu waspadalah. Jaga sikap kita, jaga hutan kita, jangan membuang puntung rokok , sampah yang sensitif terhadap pemicu kebakaran,” Pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan apel penanggulangan karhutla tersebut Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, SH, S.I.K, MM, Yang Mewakili Dandim Pasi intel Kodim 0206 Dairi Kapten Inf. Aspan Siregar,yang mewakili Kajari Dairi oleh Kasi Pidum Adhy Limbong,SH,
Waka Polres Dairi Kompol Denny Boy Panggabean, SH, MH, Dan sup Denpom ΒΌ Sidikalang Kapten CPM Mayhendri, Kepala BPBD Kabupaten Dairi Masaraya Berutu, Para Kabag Polres Dairi, Para Kasat Fung Polres Dairi, Para Kapolsek Sejajaran Polres Dairi, Para Perwira Staf polres Dairi , Para Personil Kodim 0206 Dairi, Para Personil Gabungan Bag Dan Staf Polres Dairi, Para Personil Sat Pol PP Pemkab Dairi, Para Personil Damkar Kabupaten Dairi dan Para Anggota BPBD Kabupaten Dairi serta Para Personil Magalakni.

(AJ Sagala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.