“Sinergi Komunal di Teluk Piyai Pesisir: Cerita Sukses Gotong Royong Membangun Jalan Harapan”

KUBU (Rohil) intelpostnews.com // Pemerintah Desa Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif Kegiatan Swadaya Masyarakat dalam perawatan jalan di Dusun Sungai Jermal dan Dusun Sungai Mangkok.

Di tengah tantangan kegotongroyongan masa kini, warga Teluk Piyai Pesisir membuktikan bahwa semangat bersama dapat mengatasi segala kesulitan.

Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir, Bapak Suryadi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada media saat berkunjung ke rumah salah satu donatur swadaya masyarakat, Bapak Alan, yang beralamat di Jalan Pemda, Dusun Sungai Jermal. Turut hadir dalam kunjungan tersebut para RT, RW, Ketua LPM, Ketua Bpkep, dan pengurus palang merah, Jumat, (7/6/2024).

Datuk Penhulu mengungkapkan rasa syukur atas dukungan warga Dusun Sungai Jermal dan Dusun Sungai Mangkok yang telah meringankan beban pemerintah dalam pemeliharaan infrastruktur. Berkat kerja sama ini, masyarakat tidak lagi kesulitan mengangkut hasil panen selama musim hujan, sebuah permasalahan yang kerap terjadi setiap tahun, ungkapnya.

Lanjutnya, swadaya masyarakat telah berlangsung selama satu setengah tahun di jalan penghubung antar dusun dan tujuh bulan di jalan poros pemda baru, tanpa kendala yang berarti, ucapnya.

Bahkan, pada musim hujan 2023, warga tidak lagi terpaksa mengangkut buah sawit dengan sepeda motor, yang biasanya memakan biaya Rp 600 hingga Rp 1000 per kilogram. Kini, transportasi hasil panen tetap menggunakan kendaraan roda empat, seperti Mobil pick-up dan L300, memastikan kelancaran dan efisiensi, jelasnya.

Tambahkanya, inisiatif ini telah menginspirasi Dusun Damai Pesisir dan Bangun Pesisir untuk mengikuti jejak yang sama.

“Semoga semangat gotong royong ini terus berlanjut, membawa kemakmuran dan keharmonisan bagi seluruh warga Teluk Piyai Pesisir.” Tutup Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir.

Semoga rilis berita ini dapat menyampaikan pesan positif dan menginspirasi banyak pihak.

Kontributor: Surianto.

Sumber: Wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *