Masyarakat Desa Jayapura Cigalontang Melaksanakan Kegiatan Ruti Gotong Royong, Ini Harapan Kadesnya!!!

Intelpostnews.com | Tasikmalaya, Jawa Barat,- Sejak ditetapkannya Permendagri Nomor 42 tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, hingga saat ini masih eksis diberlakukan kegiatan bulan bhakti gotong royong oleh warga masyarakat di Indonesia.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 42 tahun 2005, bahwa Gotong Royong adalah kegiatan kerja sama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Sedangkan yang dimaksud dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah kegiatan gotong royong masyarakat dalam satu bulan penuh yang merupakan akumulasi kegiatan gotong royong selama sebelas bulan.

Namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya bersama masyarakatnya, kegiatan gotong royong bukan hanya dilakukan setiap satu bulan sekali, namun secara rutin dilakukan hampir setiap satu minggu sekali yakni setiap hari jum’at. Adapun kegiatan gotong royong tersebut dilakukan secara bersama-sama di setiap Kampung masing-masing seperti membersihkan jalan Desa, halaman rumah masing-masing, memperbaiki aset desa seperti jalan, saluran air ataupun hal lainnya.

Kepala Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Suratman atau yang lebih tersohor dengan panggilan Endang Kapuk saat dikonfirmasi oleh tim intelpostnews.com di lokasi kegiatan gotong royong, (Jum’at, 3 Februari 2023) mengatakan, dirinya bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong rutin setiap hari Jum’at bertujuan sebagai wujud kebersamaan masyarakat dalam bidang pembangunan untuk mempererat kesatuan dan kekompakan masyarakat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan, selain itu Suratman pun berharap, budaya gotong royong tersebut bisa terus dilakukan oleh warga masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan hal lainnya yang bertujuan untuk kepentingan bersama masyarakat.

Alhamdulillah, saya bersama seluruh warga saat ini sedang melaksanakan kegiatan gotong royong dalam hal membersihkan jalan dan lingkungan warga, kegiatan ini pun sudah lama kita lakukan dan secara rutin setiap satu minggu sekali yaitu setiap hari Jum’at dengan tema Jum’at Bersih (Jumsih) sebagai wujud dari kesatuan dan kekompakan warga masyarakat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Harapan saya, kegiatan gotong royong ini bisa terus berkelanjutan dengan tujuan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan hal-hal lainnya untuk kepentingan bersama“, ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *