Mushabaqoh Tilawatil Qur’an ke-50 di Gedung Islamic Center Masjid Agung Resmi Dibuka

Simalungun | intelpostnews.com
Kecamatan Bandar, Simalungun, Sumut, menggelar Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 di Gedung Islamic Center Masjid Agung Al-munawarrah Perdagangan, Sabtu .(03/02/2024).

Kegiatan Umat Islam tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi didampingi Camat Bandar Tagon Sihotang bersama Danramil 06 Perdagangan Kapten Inf Totok Ragil Saputro, Kasatbinmas Iptu S Siregar dan Ketua LPTQ Kecamatan Bandar Kadri Bancin.

Kegiatan MTQ tersebut di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh dewan hakim H Sofyan Siagian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars LPTQ oleh panduan suara dari STAI Pancabudi Perdagangan. Do’a pembuka dipimpin oleh Ketua BKM Masjid Agung Al-Munawwaroh, Abdurahman.

Ketua panitia, Suratman melaporkan, peserta yang mendaftar untuk mengikuti MTQ yang berlangsung tanggal 03 Februari 2024 sebanyak 146 peserta dari 14 nagori dan 2 kelurahan se-Kecamatan Bandar

Adapun cabang di perlombakan yaitu Cabang Mujawwad, Cabang Tartil, Cabang Hifzil Qur’an dan Cabang Kaligrafi.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia, sembari mengucapkan terima kasih kepada LPTQ Kecamatan Bandar yang sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan juga stakeholder terkait penyelenggaraan MTQ ini.

“MTQ ini Hakikatnya akan terpilih qori dan qoriah, hafiz maupun hafizah terbaik,”kata Wakil Bupati, sembari berharap, momentum MTQ dapat menjadikan anak-anak yang tumbuh memiliki budi pekerti yang baik.

“MTQ ini juga diharapkan dapat menjadikan masyarakat lebih baik, sehingga bisa membantu mencapai Visi Bupati dan Wakil Bupati ‘Rakyat Harus Sejahtera’,”harap Wakil Bupati.

Untuk itu, Wakil Bupati berharap agar momentum MTQ ini juga dijadikan sebagai kegiatan pendalaman cinta kepada Al-Qur’an, serta mampu mengimplementasikan isi dari Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati berpesan kepada LPTQ dan panitia agar peserta yang lolos seleksi agar dibina kembali sehingga nantinya dapat menjadi perwakilan Kecamatan Bandar di tingkat selanjutnya dan menjadi yang terbaik.

Kepada para peserta, Wakil Bupati berharap agar memberikan penampilan terbaik. “Tingkatkan percaya diri dan jangan ragu. Karena kalian akan menjadi perwakilan untuk MTQ tingkat kabupaten,”ucap Wakil Bupati kepada para peserta.

“Berikan pilihan kita dengan hati. Dan jangan jadikan perbedaan sebagai perpecahan diantara kita. Mari kita Jaga suasana yang kondusif di daerah dengan baik,”pesan Wakil Bupati kepada masyarakat.

Sebelumnya Anggota DPRD Simalungun, Hendra Sukma Sinaga dalam sambutanya berharap kepada para peserta agar tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi mampu menambah ilmu dan pemahaman nya akan Al Qur’an.

“MTQ ini juga nanti nya bisa menjadikan generasi muda kita ke depan nya untuk berlomba-lomba mendalami Al Qur’an dan Ini yang kita harapkan,”kata Hendra.

Pelaksanaan MTQ tersebut juga ditandai dengan pelantikan dewan hakim, oleh Camat Bandar Tagon Sihotang dan baiat dewan hakim oleh KUA Kecamatan Bandar Kalam Sinaga.( J STP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *