Terapkan Program Pemerintah Dalam Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 03 Parongil Kodim 0206/Dairi Manfaatkan Pekarangan Belakang Rumah Budidaya Ikan Lele

Dairi | Intelpostnews.com

Parongil – Untuk mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan, Babinsa Koramil 03 Parongil Kodim 0206/Dairi, Koptu HK. Sipayung melaksanakan pemberian makan ikan lele sistem bioflok di belakang rumah di Kelurahan Parongil Kecamatan Silima Pungga – Pungga Kabupaten Dairi, Minggu(05/11/2023).

Budidaya lele system bioflok tersebut merupakan program untuk ketahanan pangan di kelurahan Parongil, Koptu HK. Sipayung membudidayakan ikan lele dengan 2 Kotak dari bahan terpal dan kayu yang berukuran tiap kotak 3×3 meter, dengan jumlah benih ikan sebanyak 4000 ekor.

Babinsa mengatakan, “pembesaran lele dengan sistem bioflok tidak memerlukan lahan yang luas, cukup kolam buatan dari bahan terpal dengan rangka bambu atau besi, kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin aerator untuk memasok sirkulasi oksigen dalam kolam, ” ujar Babinsa.

“Untuk memperoleh hasil budidaya ikan lele yang baik pada kolam bioflok, kunci utamanya terletak pada pengaturan makanan, kondisi air, dan suhu air,” tambahnya.

Babinsa juga menambahkan bahwa hasil penen ikan nantinya akan di jual kepada warung dan masyarakat di sekitar tempat tinggal, dan juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga, pungkas Babinsa.

“Budidaya ikan lele dapat dilakukan di areal pekarangan rumah, karena Budidaya Ikan lele cukup menjanjikan untuk menambah penghasilan ekonomi keluarga,” tutup Babinsa.(AJ/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *