Petani Kayu Aro Keluhkan Mahalnya Pupuk Bersubsidi

Kerinci | intelpostnews.com

Dalam dua pekan terakhir, petani di Kayu Aro, Kayu Aro Barat, Gunung Tujuh mengeluhkan kebutuhan pupuk subsidi yang tidak cukup. Petani juga mengeluhkan pupuk subsidi yang dijual bebas oleh kios dengan harga mahal.

“Kita butuh pupuk ya, berapapun harga dibeli, yang heran, kenapa pupuk subsidi dijual bebas harga non-subsidi?,” ujar kata salah satu petani Desa sungai dalam Kecamatan Kayu Aro, Hengki setiawan (40) saat dikonfirmasi media intelpostnews.com, Juma,at.(03/24/2023).

Dia juga mengatakan bahwa, “harga pupuk yang dijual bebas seperti Phonska mencapai Rp.350 ribu per zak, anehnya karung pupuk yang dibelinya bertuliskan subsidi pemerintah.” ungkap nya.

Abutahar warga desa Sanger kecamatan Kayu Aro juga mengatakan , “yang kita beli di luar kelompok tani itu bertuliskan bersubsidi pemerintah, tapi harga jauh lebih mahal, kalau pupuk subsidi phonska harusnya satu karung 50 Kg dan harganya Rp 115 ribu, piyo minin hargo phonska mencapai RP 350 ribu per karung kalau model ini mati kami petani. “ungkap Abutahar.

Hal senada juga diakui oleh rekan petani lainnya, Kapiter/pak Boboy Kecamatan Gunung Tujuh “Ini satu karungnya kemarin beli Rp 350 ribu, ada tulisan pupuk bersubsidi pemerintah,” papar Kapiter.

Aktivis MDona beberapa sebagian tokoh-tokoh yang di titip kan pupuk bersubsidi ini untuk bantuan para untuk petani .

sangat mengeluh dengan harga yang terlalu melonjak tinggi.pemerintah kabupaten Kerinci Dinas Pertanian. segera di cek pantau lansung ke toko si penjual saluran ke kelompok yang telah  di bentuk .

nomor:21/MDAG/PER/6/2008.tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian dalam pasal 3 ayat 9, bahwa:penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani dan kelompok tani harus berdasar kan rencana definitif kebutuhan kelompok tani (RDKK) dan peraturan mentri pertanian nomor./6 permentan /SR.130/02/2011/tentang kebutuhan dan harga eceran tertingi (HET) pupuk bersubsidi di sektor pertanian tahun angaran 2011 pasal 6 ayat .2.  (johari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *