Mahasiswa KUKERTA dan Para Dosen Universitas Riau Sosialisasikan Tanam Cabe Merah di Musim Hujan untuk Masyarakat Teluk Piyai Pesisir

Rokan Hilir // intelpostnews.com – Pada Senin, 5 Agustus 2024, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) dan para dosen pembimbing dari Universitas Riau melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai pertanian hortikultura, khususnya cara menanam cabe merah keriting dan cabe kecil rawit di desa kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, sampaikan Suryadi, Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir saat wawancara kepada awak media ini, Kamis. Pukul: 09:10:00 (08/08/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh warga masyarakat setempat, kepala dusun, Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir, lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), tokoh agama, serta para mahasiswa KUKERTA dan dosen pembimbing, terangnya.

Bahkan, Dr. M. Amrul Khoiri, SP, MP, selaku dosen pembimbing, secara langsung mendemonstrasikan tutorial cara penanaman cabe yang benar sesuai dengan kondisi lahan, jelasnya.

Selain itu, Zafitra, SP, MP, yang juga merupakan salah satu Dosen pembimbing juga melakukan demonstrasi penggunaan bahan kimia sejenis H²0² untuk memeriksa pH tanah. Dalam pelaksanaan penanaman cabe, perhatian khusus diberikan pada pH tanah, kelembaban tanah, dan jenis varietas bibit, ungkapnya.

Suryadi, selaku Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir, sangat berterima kasih kepada dosen dari Universitas Riau yang mempercayakan desa mereka sebagai lokasi kuliah kerja nyata (KUKERTA) tahun 2024, ucapnya.

“Sehingga, kegiatan ini menjadi momen bersejarah karena desa Teluk Piyai Pesisir sebelumnya belum pernah menerima kegiatan semacam ini dari universitas atau perguruan tinggi manapun.” Pungkasnya.

Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat mempertahankan pertanian hortikultura dan ketahanan pangan, serta memotivasi generasi muda untuk menuntut ilmu, tutupnya. (Surianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *