Bupati Pakpak Bharat Kunjungi Balai Besar PVP Medan

Salak, Pakpak Bharat | Intelpostnews.com

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP) Medan,Selasa (20/09/2022).

Kedatangan Bupati di pusat pelatihan ketenaga kerjaan ini diterima oleh Kepala BBPVP Medan, Kepala Balai Andri Susila, ST, MSi Bersama beberapa koleganya.

Sementara itu Bupati sendiri dalam kunjungan ini mengajak serta Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan daerah, Haryson F Sirumapea dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat, Supardi Padang.
Dalam pertemuan ini Bupati dan Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas membahas beberapa program kerja sama antara Pemerintah Pakpak Bharat dengan pihak BBPVP Medan diantaranya rencana pendirian Balai Latihan Kerja di Kabupaten Pakpak Bharat. Sebuah Pusat Latihan Kerja yang nantinya akan mampu membangun Sumber Daya Manusia Pakpak Bharat yang siap bekerja.
Kepada Kepala BBPVP Medan, Bupati menjelaskan beberapa permasalahan besar yang saat ini dihadapinya di Kabupaten Pakpak Bharat khususnya dalam hal penyediaan tenaga kerja dan Sumber Daya Manusia yang handal dalam upaya mengembangkan berbagai sektor ekonomi di Kabupaten yang masih tergolong baru ini.
Saat ini kami mengalami permasalahan dalam penyediaan lapangan kerja dan peningkatan kualitas sumber daya tenaga kerja, hal ini disebabkan keterbatasan anggaran Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk mengembangkan sektor ini, ” ungkap Bupati mengawali sambutannya.


Bupati juga menjelaskan saat ini pertanian menjadi tumpuan besar Pakpak Bharat dalam menopang system perekonomian di Daerah ini.
Sektor pertanian adalah penyumbang PDRB terbesar dimana hampir 60% dari 55.905 jumlah penduduk bekerja sebagai petani, kondisi ini harusnya diiringi peningkatan mutu sumber daya manusia, agar kualitas tenaga kerja semakin meningkat sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan baik di dalam maupun di luar Daerah terbuka lebar demi mengurangi angka pengangguran. Akan tetapi saat ini kami kekurangan sumber daya untuk bisa menyediakan tenaga kerja yang handal, didasari pada pertimbangan inilah kami, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat berencana mendirikan UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Pakpak Bharat, ” urai Bupati.
Diketahui saat ini Pemerintah melalui program kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada berkomitmen penuh mempercepat akselerasi pelatihan kerja sebagai bagian dari agenda peningkatan SDM ketenagakerjaan Indonesia yang bersifat partisipatoris.

BBPVP Medan dianggap bisa menjadi tulang punggung dalam mencetak tenaga kerja, dan bertujuan memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas dan masyarakat yang dituju.
Melihat hal ini, tidak salah rasanya Bupati Pakpak Bharat mengikat suatu bentuk kerja sama dengan pihak Bala Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitan Medan ini.

Sebuah kerja sama yang diharapkan mampu mencetak SDM Pakpak Bharat yang siap kerja dan mandiri. Sebagaimana sering disampaikan oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam berbagai kesempatan, bahwa Pakpak Bharat yang Nduma dan sejahtera harus bisa digapai.

Wartawan : Ridwan Manik

Editor : AJ Sagala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.