Dukung Program Kesehatan Masyarakat Babinsa Hadiri Rapat Rembuk Stunting

Sumbul,Dairi | Intelpostnews.com

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01 Sumbul Sertu Jamansen Sinaga menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi penanganan penurunan stunting di Kecamatan Pegagan Hilir Kabupaten Dairi Sumatera Utara bertempat di Aula Kantor Camat,Rabu (14/9 2022).

Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun. Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak.

Tujuan dilaksanakannya rembuk stunting adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan stunting serta meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi, serta sosialisasi dan komunikasi interpersonal dan konsistensi untuk mencapai Kecamatan Pegagan hilir bebas stunting.

Sertu Sinaga mengatakan, dalam rapat tersebut dijelaskan upaya penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung. Penurunan stunting memerlukan pendekatan yang menyeluruh, yang harus dimulai dari pemenuhan prasyarat pendukung.

TNI khususnya Koramil 01 Sumbul juga sudah melakukan upaya penurunan stunting dengan pelaksanaan program Bhakti TNI yaitu Jambanisasi, guna menjaga sanitasi lingkungan masyarakat Desa wilayah Koramil 01 Sumbul, ” terang Babinsa.

(AJ Sagala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *