Henry Habeahan,ST Terpilih Sebagai Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Dairi Periode 2022/2027

Sidikalang, Dairi | Intelpostnews.com

Tagline Dewan Masjid Indonesia “Memakmurkan Masjid Untuk Kemaslahatan Umat” membawa spirit dalam setiap kerja dakwah yang dilakukan segenap pengurusnya.

Kabupaten Dairi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I Dewan Mesjid Indonesia di Mesjid Agung Sidikalang Kabupaten Dairi Sumatera Utara,Ahad 21 Safaar 1444 H, 8 September 2022.

Hadir dalam Musyawarah Daerah tersebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dairi H.Wahlin Munthe, Anggota DPRD Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Dairi Jono Pasi,S.Pd, Ketua BKM Mesjid Agung Sidikalang H.Dunggar Angkat, Ketua PD Al Washliyah Kabupaten Dairi Mahyudin Al Amir Limbong, Ketua PD GP Al Washliyah Kabupaten Dairi Faisal Banurea,S.Pdi, Ketua PD Muslimat Kabupaten Dairi Dra.Nurasyiah Panjaitan, Ketua PD IPA Kabupaten Dairi Mhd.Fadhil Sagala S.H, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dairi Plt H. Mahdi Kudadiri,MM, Peserta Musyawarah Daerah DMI dan Pengurus BKM se-Kabupaten Dairi.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dairi H.Wahlin Munthe mengharapkan semua pengurus DMI menjaga agar masjid tetap makmur, dan masjid bukan hanya menangani bidang keagamaan saja, tetapi juga menangani bidang-bidang yang lain, seperti bidang sosial, kesehatan, pendidikan bisa diwadahi melalui Dewan Masjid.

Sementara itu, Ketua PW DMI Provinsi Sumatera Utara Irhamuddin Siregar,MA mengatakan bahwa Dewan Masjid Indonesia adalah satu-satunya organisasi kemasjidan di Indonesia. “Ormas islam ini berkhidmat pada pemberdayaan masjid bagi keselamatan dan kesejahteraan umat. Tujuannya ingin mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat, serta persatuan umat. Hal ini dalam rangka untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, kecerdasan umat, dan tercapainya masyarakat adil makmur, yang di ridhoi Allah SWT”, ucapnya.

Musyawarah Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Dairi merupakan kewajiban konstitusi organisasi dalam melaksanakan mekanisme masa kerja bhakti 5 (lima) tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Dairi, untuk lebih memantapkan peran serta organisasi dalam masa bhakti 5 (lima) tahunan berikutnya. Musyawarah Daerah ini sebagai pelaksana kewajiban konstitusi organisasi setiap lima tahun sekali. Untuk memilih dan menetapkan Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Dairi yang baru, penyampaian penanggung jawaban pengurus, menetapkan program, kerja lima tahunan dan memutuskan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Tujuan diadakannya kegiatan MUSDA ini adalah penyampaian pertanggungjawaban, menjabarkan keputusan-keputusan organisasi tingkat nasional dan menampung aspirasi seluruh jajaran Dewan Mesjid Indonesia se-Kabupaten Dairi.

Musyawarah Daerah (Musda) Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Dairi akhirnya menetapkan Henry Habeahan, ST sebagai ketua DMI periode 2022 – 2027.

Dalam musyawarah yang mengusung tema memakmurkan dan dimakmurkan masjid, Henry Habeahan yang terpilih secara aklamasi dalam musda yang di gelar di Mesjid Agung Sidikalang, Ahad (18/09/2022).

Dalam Pemerintah Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, bersinergi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumut untuk membangun kemakmuran umat lewat masjid.

“DMI menjadi salah satu mitra strategis pemerintah dalam membangun kemakmuran umat,” kata Henry Habeahan dalam sambutanya.

Henry Habeahan menilai, visi besar DMI memakmurkan dan dimakmurkan masjid sejalan dengan visi pemerintah daerah dalam membangun kesejahteraan/kemakmuran umat.

Lewat visi itu, kata dia, DMI memberikan kontribusi besar dalam medongkrak program-program pembangunan yang diselenggarakan pemerintah, dalam hal membangun peradaban umat berbasis masjid.

Insya Allah ke depan DMI dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah di tingkat kabupaten dalam melaksanakan program-program unggulan keummatan,dan dengan DMI program-program keummatan ini diharapkan lebih ditingkatkan, sehingga upaya memakmurkan umat lebih efektif, “tutup Henry.

(AJ Sagala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *