Pentingnya Peran Programmer Ditahun Politik

Foto: Ahmad Hady Surya Programmer Asal Kalimantan Tengah
Foto: Ahmad Hady Surya Programmer Asal Kalimantan Tengah

Dunia digital bergerak dengan cepat. Semua lini Perusahaan, instansi dan tokoh manapun tidak dapat dipisahkan dengan digitalisasi. Salah satu profesi yang erat di dunia digital adalah sebagai Programmer. Ahmad Hady Surya yang tinggal di Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah salah satu seorang pakar SEO dan Programmer pengembang perangkat lunak atau ahli penata data olahan berpendapat, sekarang menjadi programmer itu kurang diminati anak muda karena Profesi yang menulis program menggunakan bahasa pemprograman seperti Perl, C++, Phyton VB, Visual basic. NET, PHP, sangat tidak menarik dipelajari,”kata hady, Jumat (10/11/2023).

Pria yang menjadi Programmer di beberapa perusahaan ini mengatakan juga, saat ini bahasa pemprograman yang banyak di minati adalah bahasa pemograman web yaitu php, html mysql dan javascript, di mana ini yang banyak di cari oleh perusahaan. Namun ia juga memberikan nasehat, tidak harus menguasai semua bahasa program. Justru yang satu bahasa pemograman, “kita harus tekun dan konsisten di satu bahasa pemprograman,”imbuhnya. Ahmad Hady Surya saat ini Sebagai Ketua Umum APROGSI / Asosiasi Programmer Indonesia berpendapat, bahwa era digital menyambut tahun politik 2024 sangat rentan, mulai dari big data yang berhubungan dengan survei lembaga dan KPU.

Menurutnya, seorang programmer juga harus menentukan programmer spesialist apa yang kita inginkan. Apakah menjadi Web Developer, Android Developer, IOS Developer atau Deskop Programmer.

Jika ingin belajar , Ahmad Hady Surya memberikan sedikit Tips untuk mempelajari Programmer sederhana :

Terus Belajar dan update ilmu baru

ini adalah tips belajar pertama. Programmer harus terus belajar dan mencoba memperbaharui pengetahuan baru. ”Seperti yang kamu ketahui, Era ini berkembang dengan cepat.

Bergabunglah dengan Forum dan Komunitas

kini ada jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Jika kamu ingin menggunakan untuk belajar pemprograman, dapat bergabung dengan group atau froum kusus, Salah satunya Asosiasi Programmer Indonesia (APROGSI).

Belajar Rajin dan Konsisten

Hebat tapi tidak konsisten atau cerdas tidak rajin, akan kalah dengan orang biasa yang sangat rajin dan konsisten dalam belajar. Rajin dan konsisten bisa berarti terus belajar dengan giat.

Perlu dikeahui juga, tugas utama seorang programmer adalah meliputi analisis kebutuhan klien atau proyek, merancang alur sistem menggunakan berbagai alat seperti flowchart dan UML, menuliskan kode program mendeteksi dan memperbaiki bug, serta melakukan pengujian untuk memastikan perangkat lunak berfungsi sesuai dengan harapan.

Selain kemampuan teknis, programmer juga harus memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah, manajemen waktu dan kerja sama tim guna menciptakan solusi yang inovatif dan efisien. Sejatinya profesi programmer menuntut spesialisasi di berbagai bidang komputasi, seperti database, keamanan dan pengembang perangkat lunak filmware/ponsel/web.

Profesi programmer adalah sejatinya memiliki tanggung jawab untuk merancang sistem dengan menggunakan berbagai bahasa pemprograman. Keahlian dalam menulis kode dan mengubah syntax menjadi program yang berfungsi menjadi kunci dalam pekerjaan ini.

Di era digital saat ini, seperti yang diungkapkan oleh Ahmad hady surya, peran programmer adalah semakin penting karena teknologi dan perangkat lunak memiliki dampak besar dalam berbagai sektor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *