Peringatan HKN Ke -59 Tahun 2023 Pemkab Simalungun Gelar Senam Aerobik

Simalungun | intelpostnews.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar senam aerobik dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 59 Tahun 2023, dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”,

Senam aerobik tersebut berlangsung di lapangan Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Jum’at (24/11/2023).

Kegiatan ini diikuti Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wakil Bupati H Zonny Waldi, Sekda Esron Sinaga dan sejumlah pimpinan perangkat daerah serta ASN di lingkungan Pemkab Simalungun, Ketua TP PKK Ny Ratnawai Radiapoh Hasiholan Sinaga, masyarakat dan undangan lainnya.

Menteri Kesehatan RI, Budi G Sadikin, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Simalungun antara lain menyampaikan, Indonesia tengah mengalami bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara.

Bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia dari middle-income trap menjadi negara berpendatapan tinggi serta tercapai visi Indonesia Emas 2045. Manusia indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa emas itu.

Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan yang layak, itu amanat UUD 1945. Berdasarkan itulah, enam pilar transpormasi kesehatan harus kita bangun dengan serius dan terus menerus.

Pasca dibangunnya UU Nomor: 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) sebagai haluan bersama dalam dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

RIBK harus diacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya.

Pemerintah pusat tidak mempu melaksanakannya sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar transformasi bisa kita tegakkan perubahan yang lebih baik.

Enam pilar tersebut yaitu Transformasi layanan primer, tranformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, tranformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan tranformasi teknologi kesehatan.

Transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa maju. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang berjuang tanpa kenal lelah melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

Mari seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita. Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi indonesia emas 2045.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Simalungun Edwin Tony SM Simanjutnya melaporkan bahwa, kegiatan dalam rangkah memeriah HKN ke 59, Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan senam bersama dan perlombaan yaitu lomba yel-yel tingkat Puskesmas dari 46 Puskesmas dan 3 RSUD dan lomba senam Prolaris tingkat Puskemas dari 46 Puskesmas.

Selanjutnya Edwin mengatakan, dalam HKN juga di lakukan pemberian piagam penghargaan kepada desa ODF, pengimputan data IDL melalui Aplikasi ASIK terbaik, Puskesmas terbaik dalam pencapaian target suvervisi PD3I, Puskesmas yang ikut dalam penilaian pelayanan publik yang dilaksanakan Ombusdman Tahun 2023, petugas sanitarian terbaik dan kader kesehatan terbaik.( J STP )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *