Anggota DPRD Prov Sumatra Utara  Tolak Keras Rencana PTPN IV

Simalungun l intelpostnews.com

Anggota DPRD Sumatera Utara dapil Siantar-Simalungun Fraksi NasDem Rony Reynaldo Situmorang menolak keras adanya rencana PTPN IV unit Teh Sidamanik melakukan konversi teh ke tanaman sawit. Hal tersebut diungkapkan Rony .

Menurut Rony, konversi teh ke sawit ini sangat berdampak buruk terhadap lingkungan masyarakat yang berada dihilir. Apalagi kita ketahui salah satu ikon Kabupaten Simalungun adalah teh.

Lanjut Rony, kita tidak ingin dampak konversi ini terjadi seperti di wilayah Kebun Marjandi yang menimbulkan berbagai masalah dan selalu menjadi pembahasan yang sampai saat ini tidak terselesaikan. Mengingat debit air dan infrastruktur jalan bahkan lahan masyarakat menjadi rusak akibat tanaman sawit. Karena itu, jangan sampai konversi ini dilakukan.

Kemudian kata politisi partai NasDem ini, “seluas 257 hektar lahan PTPN IV yang akan dikonversi sama sekali bukan lahan kosong ataupun lahan yang digarap warga, bahkan kita ketahui lahan yang produktif juga dibongkar hanya untuk melakukan konversi.” tandasnya.

PTPN IV juga jangan hanya ingin mementingkan usahanya saja dan membohongi masyarakat dengan alasan-alasan klasik agar konversi bisa tetap terlaksana. Apalagi kita tahu permasalahan infrastruktur kondisi jalan di areal HGU PTPN dibiarkan rusak parah dan pengalokasian CSR yang tidak pernah terbuka.

Jika PTPN IV tidak mau mendengarkan masyarakat lebih banyak mudaratnya di Tanah Simalungun, sebaiknya angkat kaki saja dari Kabupaten Simalungun, tandasnya. 

Rony menegaskan selagi ijin maupun kesepakatan persepsi dengan masyarakat belum ada, sebaiknya aktivitas konversi diberhentikan dulu. Oleh karena itu, Rony meminta agar Pemerintah Kabupaten Simalungun jangan mengeluarkan ijin rekomendasi atas konversi teh ke tanaman sawit.

Reporter : Usman Damanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.